Transmisi mobil matic

Transmisi mobil matic atau juga terkenal sebagai transmisi otomatis adalah salah satu bagian terpenting dari kendaraan. Sistem transmisi otomatis memungkinkan pengemudi untuk mengoperasikan kendaraan tanpa perlu menggerakkan tuas transmisi secara manual.

Namun, saat mengemudi mobil otomatis, Anda akan melihat sejumlah angka dan huruf pada tuas transmisi yang menunjukkan fungsi transmisi mobil matic. Untuk itu, Mari kita lihat masing-masing fungsi tersebut.

Baca Juga : 5 Jenis Spare Part Kendaraan yang Sering Perlu Perbaikan

P = Parking (Mobil Matic akan Berhenti Lama)

P atau Parking adalah fungsi yang berguna saat mobil berhenti dalam waktu yang lama. Fungsi ini juga berguna untuk mematikan mesin dan mengunci roda belakang, agar mobil tidak bergerak. Saat mobil dalam posisi P, Anda tidak bisa menggerakkan mobil ke depan atau belakang.

R = Reverse (Mobil Matic akan Mundur)

Selanjutnya, R atau Reverse berguna saat ingin memundurkan mobil. Fungsi ini mengaktifkan gigi mundur pada transmisi dan mengubah arah mobil ke belakang. Ketika menggunakan R, pastikan jalan di belakang mobil sudah aman dan bebas dari hambatan.

N = Netral

N atau Netral berguna ketika kendaraan dalam posisi berhenti sejenak atau saat ingin menggeser posisi mobil tanpa memindahkan mobil maju atau mundur. Saat mobil dalam posisi N, mesin tetap hidup, tetapi mobil tidak bergerak karena tidak terkunci pada gigi transmisi.

D3 / 3 = Digunakan saat menyalip

D3 atau 3 berguna saat mobil ingin menyalip kendaraan di depannya dengan lebih cepat. Fungsi ini hanya memungkinkan mobil beroperasi hingga gigi transmisi ketiga saja dan membuat mobil lebih responsif.

D2 / 2 = Mesin hanya bisa berpindah hingga gigi 2

D2 atau 2 berguna saat melewati tanjakan yang tidak terlalu curam atau turunan. Fungsi ini memungkinkan mobil beroperasi hingga gigi transmisi kedua saja dan membuat mesin lebih tenang.

L = Low

L atau Low berguna untuk melibas tanjakan curam dan panjang. Fungsi ini membuat mesin bekerja lebih keras dan memungkinkan mobil untuk melewati medan yang sulit. Fungsi ini hanya berguna pada kecepatan rendah.

Nah, itu tadi fungsi dari angka dan huruf pada transmisi mobil matic. Penting untuk diingat bahwa setiap kendaraan mungkin memiliki sistem transmisi yang berbeda. Maka dari itu, pastikan untuk memeriksa manual kendaraan Anda untuk memahami fungsi transmisi mobil matic yang benar.

Yuk, Download Aplikasi Rentalmo dan Dapatkan Rental Mobil Matic Terbaik Anda

Manfaatkan teknologi untuk memudahkan proses penyewaan mobil dengan menggunakan aplikasi Rentalmo. Dengan mudah, cepat, aman, terpercaya, dan terjangkau. Dapatkan sewa mobil matic terbaik Anda. Kemudian, segera unduh aplikasi Rentalmo sekarang di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rentalmo.

Sumber terkait : https://l.facebook.com/l.php?u=https%3A%2F%2Fwww.instagram.com%2Freel%2FCpWhAJTJfpt%2F&h=AT1MGqTkjWA3eo-W69PmOHIMxOisLuZ-SR7EsMvlc-D-6_SpR2UJG6fFZYQMbA-Z2k4F85-UFENrLdpCMxTXhe3jlG3UqIvHxCy9UhsbbE5u7Erkyk6OHLhCg58kXE-S4bE&s=1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *