News Rentalmo

Bisakah Mobil Dilumasi Oli Motor?

Kendaraan bermesin membutuhkan oli untuk pelumasnya. Seperti misalnya kita biasanya membawa kendaraan kesayangan kita ke bengkel untuk diganti olinya, entah itu motor atau mobil. Dari jenis kendaraannya saja tentu kedua kendaraan ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan, terutama penggunaan oli mesin. Namun ternyata ada yang menanyakan bagaimana jika mobil dilumasi dengan oli motor. Jawabannya adalah tidak bisa. Berikut penjelasannya

Merusak mesin

Oli mobil dan motor tentu saja berbeda karena kebutuhan tiap kendaraannya sudah berbeda, meskipun fungsinya sama – sama untuk melindungi mesin. Mobil yang dilumasi oli motor tentu dapat merusak mobil karena mobil menggunakan kopling kering, sedangkan oli motor biasanya untuk kopling basah

Kapasitas Mesin

Mobil memiliki kapasitas mesin yang lebih besar. Maka dari itu putaran mesin mobil lebih rendah dіbanding motor. Produsen oli telah menyesuaikan oli untuk masing – masing kendaraan tentunya dengan memperhatikan hal tersebut. Dealer Technical Support Dept. Head PT.TAM Didi Ahadi mengatakan, mesin mobil dan motor memiliki kapasitas yang berbeda, putaran mesin lebih besar pada motor karena kapasitasnya lebih kecil. Hal ini menyebabkan mesin motor cepat panas dan lebih stress pelumasnya.

Tingkat TBN

Total Base Number (TBN) merupakan ukuran aditif dalam oli. Untuk melawan efek korosif, maka oli dіberikan aditif yang bersifat keasaman (basa). Aditif yang biasa dіgunakan adalah kalsium sulfonat, magnesium sulfonate, fenol, dan salisilat. Semakin tinggi nilai TBN pada oli, maka semakin baik pula kemampuan oli untuk menghilangkan korosi pada mesin. Dengan harga yang lebih mahal, tingkat TBN oli mobil lebih tinggi dari oli motor. Jika tetap meggunakan oli motor pada mobil maka pelumasan dan pelindungan mesin tidak akan merata sehingga mesin mudah mengalami karatan.

Setelah membaca penjelasan di atas alangkah baiknya Anda tidak bereksperimen atau hanya sekedar “coba – coba” karena tentu akan merusak kendaraan anda. Pilihlah pelumas kendaraan yang sesuai dengan kendaraan anda. Pabrikan pelumas juga sudah memberikan oli terbaik untuk merawat kendaraan kesayangan anda.