News Rentalmo

Pengertian Rental Mobil: Layanan & Istilah Yang Biasa Digunakan

Pengertian rental mobil pasti sudah banyak dipahami oleh sebagian besar orang. Anda mungkin salah satu orang yang terbiasa memakai layanan ini ketika hendak bepergian jauh. Sewa menyewa mobil bukan sesuatu yang terasa asing lagi seperti beberapa tahun belakang. Bagi orang awam yang ingin mengetahui lebih lanjut, maka artikel ini akan membantu Anda.

Sama seperti layanan lain, rental mobil memiliki beberapa macam dan istilah khusus. Sebagai calon konsumen, penting memahaminya sehingga tidak bingung lagi ketika harus memilih.

Rental mobil yang selama ini Anda ketahui mungkin hanya sebatas menyewa mobil saja. Namun, layanan satu ini mencakup lebih banyak hal untuk diketahui.

Simak pengertian rental mobil dan hal-hal yang berhubungan dengannya berikut.

Pengertian Rental Mobil

Rental mobil adalah layanan yang memungkinkan seseorang menggunakan mobil orang lain dengan membayar sejumlah biaya. Di kehidupan masyarakat, rental mobil juga dikenal dengan istilah sewa mobil.
Sesuai namanya, di sini ada pihak yang menyewakan mobil dan konsumen. Pemilik mobil mendapat keuntungan dari biaya, sedangkan konsumen bisa mendapatkan alat transportasi yang nyaman tanpa harus membeli.

Secara umum, penyedia layanan menawarkan dua opsi kepada konsumen. Yaitu rental mobil lepas kunci dan sewa mobil dengan driver. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa di atur sendiri pilihannya sesuai kondisi konsumen.

Beberapa Layanan Rental Mobil yang Biasa Ditawarkan

layanan rental mobil

1. Rental Mobil per Jam

Pilihan pertama ada sewa mobil yang durasinya singkat, yaitu 6 jam dan 12 jam. Paket ini cocok Anda pilih bagi Anda yang ingin berkeliling di satu kota. Tidak harus menyewa selama berhari-hari, karena memang tujuan perjalanan masih lingkup satu kota yang sama.

2. Rental Mobil per Hari

Ini dia layanan rental mobil yang paling banyak di pilih oleh masyarakat. Mereka harus membayar biaya sewa tergantung berapa hari menggunakannya. Ada banyak penyedia layanan yang bisa di temui secara offline ataupun online.

Harga sewa per hari tergantung dari jenis mobil apa yang Anda sewa. Biasanya di mulai dari harga Rp300 ribuan sampai jutaan rupiah.

Rental mobil harian memiliki dua macam, yaitu sewa lepas kunci dan sewa bersama supir.

3. Rental Mobil Antar Jemput

Layanan rental mobil antar jemput jarang di pakai oleh perorangan, melainkan banyak di pilih pihak perusahaan. Hal itu di karenakan minimal pembelian layanan selama 1 bulan. Anda bisa memilih dengan driver atau tanpa driver.

4. Rental Mobil Bulanan atau Tahunan

Sama seperti layanan sebelumnya, rental per tahun biasa di pilih oleh perusahaan. Durasi kontraknya sendiri berlangsung cukup lama, seperti 2 tahun atau bahkan 3 tahun.

Sebagai contoh, divisi marketing di sebuah perusahaan membutuhkan mobil untuk perjalanan kerja selama 2 tahun kedepan.

Istilah-Istilah di Rental Mobil yang Jarang Diketahui

1. Lepas Kunci

Lepas kunci berarti Anda sepenuhnya mengendarai mobil yang di sewa. Karena layanan ini tidak di sertai sopir dari pihak rental mobil, maka Anda sendiri yang menyetirnya.

2. Drop Off

Drop Off berarti mobil bisa dikirim ke tempat penyewa. Sebagai contoh penyedia layanan rental mobil berasa di Malang, sedangkan posisi Anda di Surabaya. Maka mobil tersebut akan di kirim ke Surabaya dan ini disebut sebagai Drop Off.

Sejumlah rental mobil sudah menyediakan layanan ini untuk memudahkan konsumen dari luar kota.

3. Pick and Drop

Pick and Drop adalah istilah untuk layanan penjemputan dari sebuah lokasi dan menghantarkannya ke satu tempat tujuan. Sebagai contoh, menjemput di bandara kemudian menghantar ke hotel. Sistem ini menerapkan biaya sekali jalan.

Anda bisa menambah tempat tujuan, dengan mengeluarkan biaya tambahan pastinya.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian rental mobil, jenis-jenisnya dan beberapa istilah yang biasa di gunakan. Semoga informasi di atas membuat Anda lebih memahami layanan ini.