tips berkendara mobil jarak jauh

Tips berkendara mobil jarak jauh akan menjadi pembahasan menarik admin pada kesempatan kali ini. Sebagai orang yang belum berpengalaman mengendarai mobil untuk jarak yang jauh, Anda perlu melakukan persiapan matang. Sehingga, sepanjang perjalanan bisa merasakan enjoy dan tidak tertekan. Tentu hal seperti itu diinginkan oleh setiap pengendara.

Mobil adalah kendaraan favorit bagi semua orang untuk bepergian bersama keluarga. Apalagi tujuannya adalah luar kota, menggunakan mobil tentu memberikan kenyamanan tersendiri. Jangan menyepelekan persiapan, karena sangat berpengaruh terhadap kenyamanan Anda di jalanan.

Bagi yang sudah penasaran dengan apa saja tips berkendara mobil jarak jauh, maka silahkan langsung simak selengkapnya berikut ini.

Beberapa Tips Berkendara Mobil Jarak Jauh yang Penting Diperhatikan

tips berkendara mobil jarak jauh

1. Mempersiapkan Kendaraan

Agar perjalanan Anda dan keluarga nyaman, tentu harus di mulai dengan kendaraan yang prima. Jangan sampai perjalanan terganggu oleh kendaraan yang rewel. Nah, untuk meminimalisir kejadian kurang mengenakkan tersebut harus mempersiapkan mobil sebaik mungkin.

Mulai dari memeriksa tekanan ban yang sesuai, kondisi rem mobil, power steering, kondisi aki mobil, oli, dan lampu yang ada di interior maupun eksterior. Semua itu tidak boleh luput dari perhatian Anda.

Jangan lupa membawa sparepart cadangan sebagai antisipasi lebih lanjut. Seperti air radiator, ban, oli, dongkrak, pompa ban, obeng dan sejumlah toolkit lain.

Setelah persiapan kendaraan selesai, jangan lupa membawa STNK, SIM, dan bila perlu BPKB. Sehingga tidak perlu cemas jika sewaktu-waktu ada razia polisi di jalan.

2. Membuat Rencana yang Matang

Jangan pernah Anda memulai perjalanan tanpa mengetahui tempat yang menjadi tujuan, sekaligus daerah mana yang akan Anda lewati. Jika sama sekali tidak paham daerah tersebut, maka bisa mempelajarinya sejak jauh-jauh hari lewat Google Maps.

Ketika Anda sudah mengetahui daerah mana saja yang akan dituju dan dilewati, maka mudah menentukan tempat istirahat, makan, ibadah, isi bensi dan lain sebagainya.

Perjalanan berjalan lebih santai dan nyaman tanpa perlu buru-buru. Mengenali daerah tujuan hukumnya wajib dilakukan oleh setiap orang ketika hendak bepergian jauh.

3. Istirahat Cukup Sebelumnya

Salah satu penyebab kecelakaan yang umum terjadi adalah pengemudi merasa kelelahan di perjalanan. Anda bisa meminimalisir hal tersebut dengan cara istirahat cukup sebelum bepergian.

Jangan minum minuman beralkohol dan memabukkan sehari sebelum jadwal keberangkatan. Sebagai contoh, Anda ingin berangkat Selasa pagi. Maka Senin malam silahkan tidur lebih awal dari biasanya.

Dengan istirahat yang cukup, maka Anda bisa berkendara dengan tubuh prima. Perjalanan bukan hanya nyaman, melainkan juga menyenangkan karena tidak menahan rasa kantuk.

4. Istirahat 2 Jam Sekali

Masih berhubungan dengan rasa lelah, setiap 2 jam sekali ada baiknya Anda beristirahat terlebih dahulu. Waktu istirahat yang ideal adalah 20 menit, bisa lebih lama menyesuaikan kondisi Anda dan penumpang lain.

Selama waktu istirahat, Anda bisa memanfaatkannya untuk sekedar meregangkan kaki, makan, pergi ke kamar mandi atau beribadah.

Meskipun membuat perjalanan Anda lebih lama, namun keamanannya terjamin. Tubuh Anda tidak kelelahan dan bisa konsentrasi penuh selama di perjalanan.

5. Selalu Jaga Jarak dan Pelan

Tidak perlu berkendara dengan kecepatan tinggi hanya demi bisa sampai di tujuan segera. Sebab, yang paling utama adalah keselamatan Anda selama perjalanan. Sebisa mungkin jaga jarak dengan pengendara lain dan berkendara dengan batas kecepatan sesuai aturan.

Penting untuk diingat, batas kecepatan berkendara ketika Anda berada di jalan tol antar kota adalah minimal 60KM/jam dan maksimal 100KM/jam.

Sementara itu, batas kecepatan berkendara ketika Anda berada di jalan tol dalam kota adalah 60KM/jam dan maksimal 80KM/jam.

Jangan lupa selalu menyalakan lampu depan ketika cuaca basah atau berkabut. Jaga jarak lebih jauh dari pengendara lain agar keselamatan lebih terjamin.

Demikianlah pembahasan tentang lima tips berkendara mobil jarak jauh yang penting untuk diperhatikan. Sebaiknya Anda ingat poin-poin penting di atas agar bisa nyaman dan lebih menyenangkan ketika hendak menuju sebuah tempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *