News Rentalmo

5+ Tips Memilih Asuransi Kendaraan Yang Tepat dan Benar

Asuransi kendaraan di butuhkan untuk meminimalisir kerugian ketika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan selama perjalanan. Sebagai pengendara, kita tidak pernah tahu kapan nasib kurang beruntung datang. Baik itu karena kesalahan diri sendiri maupun kecerobohan orang lain. Mengingat biaya perawatan mobil tidak murah, maka bisa banget mempertimbangkan asuransi. Sudah tahu belum tips memilih asuransi kendaraan?

Asuransi mobil adalah layanan yang sudah sejak lama hadir di tengah-tengah masyarakat. Ini akan membantu melindungi kendaraan Anda dari risiko merugikan, seperti lecet, pembobolan, pencurian, bencana atau bahkan kecelakaan parah.

Supaya uang yang Anda bayar secara rutin setiap bulan tidak merugi, simak baik-baik tips memilih asuransi kendaraan yang baik dan benar di bawah ini.

Tips Memilih Asuransi Kendaraan Yang Penting Diperhatikan

tips memilih asuransi kendaraan yang tepat

1. Sesuaikan Jenis Asuransi dengan Kondisi Masing-Masing

Ada satu hal yang penting buat Anda pahami sebelum akhirnya memutuskan bergabung ke layanan asuransi. Yaitu asuransi mobil terdiri dari beberapa jenis dengan cakupan layanan yang berbeda-beda.

Nah, untuk mempertimbangkan jenis asuransi mobil seperti apa yang sekiranya cocok buat di pilih yaitu sebagai berikut:

  • Jika mobil Anda berusia tua, sebaiknya memilih tipe asuransi mobil TLO. Sedangkan jika masih baru pilih All Risk.
  • Ketika kondisi lalu lintas di daerah Anda tergolong padat, disarankan supaya memilih asuransi All Risk.
  • Asuransi mobil TLO sebaiknya Anda pilih jika tingkat kriminalitas di sekitar tergolong tinggi.
  • Jika Anda hanya mampu membayar premi asuransi tidak terlampaui banyak, lebih baik memilih TLO.

2. Memperbanyak Referensi Perusahaan Asuransi

Setelah mengetahui jenis asuransi yang tepat buat di pilih, sekarang giliran Anda mencari perusahaan asuransi. Jangan hanya terpaku pada 1-2 perusahaan saja, karena di luar sana banyak sekali pilihannya.

Silahkan Anda mencari informasi sebanyak mungkin di internet. Baik itu tentang premi yang harus di bayar, sampai manfaatnya kepada nasabah. Sehingga, Anda bisa menemukan perusahaan mana yang paling bagus buat di pilih.

Baca juga: Ini Dia 5 Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil Yang Harus Diketahui Pemula

3. Menemukan Perusahaan Asuransi yang Terpercaya

Jangan hanya tergiur dengan promosi saja, melainkan Anda harus memastikan bahwa perusahaan tersebut benar-benar terpercaya. Sebab, jika hanya sekedar memberi janji saja semua perusahaan bisa melakukannya.

Perusahaan asuransi yang baik sudah pasti berlisensi resmi dan di awasi langsung oleh lembaga pemerintah. Ia memiliki track record yang jelas selama melayani nasabah.

Jangan lupa, pastikan perusahaan asuransi Anda memiliki klaim yang mudah. Dana nasabah bisa segera cair sewaktu-waktu membutuhkan. Sebab, Anda sendiri yang akan merasa susah dan repot jika proses klaimnya lama atau ribet.

4. Ketersediaan Bengkel Rekanan

Bengkel rekanan adalah tempat yang bisa Anda tuju ketika mobil mengalami kerusakan. Semakin banyak bengkel rekanan asuransi mobil, maka semakin bagus buat di pilih. Perhatikan juga ketersediaan bengkel rekanan di sekitar.

Selain melihat jumlahnya, Anda harus mengetahui tipe bengkel rekanan. Apakah bengkel resmi dari brand mobil atau bengkel non-resmi namun terpercaya.

Dengan bengkel rekanan yang tersebar di berbagai titik dan memiliki pelayanan bagus, maka Anda tidak khawatir lagi ketika mobil tiba-tiba rusak.

Baca juga: Inilah 3 Tips Mengenali Marketplace Rental Mobil Terpercaya

5. Mempersiapkan Syarat Mendaftar Asuransi

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan ketika memilih perusahaan asuransi mobil adalah memastikan dokumen pendaftaran lengkap. Beberapa dokumen itu terdiri dari:

  • Fotocopy SIM & STNK.
  • Formulir pendaftaran perusahaan asuransi.
  • NPWP (opsional).
  • Fotokopi KTP atau identitas lainnya.

Demikianlah lima tips memilih asuransi mobil yang penting buat diperhatikan. Anda harus mengingatnya supaya tidak salah pilih dan menemukan produk terbaik. Sehingga mendapat manfaat yang sesuai harapan.

Karena mobil Anda sekarang sudah di proteksi, maka bisa berkendara dengan lebih tenang. Bahkan Anda tidak perlu khawatir untuk menyewakannya kepada orang di sekitar.

Merentalkan mobil bisa menjadi penghasilan tambahan yang lumayan, itung-itung sebagai modal membayar premi asuransi. Ketika berminat menyewakan mobil, maka bisa memposting di Rentalmo.com.

Rentalmo adalah salah satu platform online terpercaya yang mempertemukan pemilik kendaraan dan calon konsumen. Anda bisa membuat penawaran dengan mudah dan jangkauan konsumen yang luas.