tips merawat mobil jarang dipakai

Tips merawat mobil jarang dipakai jangan sampai Anda lewatkan untuk di pahami lebih lanjut. Sebab, meskipun jarang di pakai komponen mobil tetap berisiko mengalami kerusakan. Sebagai pemilik, Anda pastinya tidak boleh membiarkan ini terjadi. Tidak semua pemilik mobil menggunakan kendaraannya untuk bepergian sehari-hari.

Ada sebagian orang yang mengendarai mobilnya setiap kali menghadiri acara tertentu. Seperti mudik, pernikahan keluarga, liburan bersama teman dan lain sebagainya.

Hal yang perlu Anda ingat adalah mobil jarang dipakai bisa mengalami risiko kerusakan lebih besar dibandingkan mobil yang di pakai sehari-hari. Tips merawat mobil jarang dipakai bisa Anda simak selengkapnya di bawah ini.

Beberapa Tips Merawat Mobil Jarang Dipakai Yang Harus Anda Ketahui

tips merawat mobil jarang dipakai

1. Membersihkan Mobil

Jika mobil Anda tidak di gunakan untuk waktu yang lama, sebaiknya membersihkan secara rutin. Kotoran bisa menarik serangga dan tikus untuk berdiam diri di mobil. Kalau sudah begini, mereka bisa saja menggerogoti spare part.

Tidak hanya itu, debu dan kotoran yang menumpuk bisa menyebabkan komponen mobil berkarat. Belum lagi beberapa bagian mobil yang bisa saja berjamur. Seperti interior, bodi, pelek dan kaca.

Inilah alasan mengapa Anda harus membersihkannya secara rutin. Baik itu sekedar mengelap setiap beberapa hari sekali atau bahkan mencucinya sebulan sekali.

2. Mengecek Kondisi Mesin

Ketika mobil jarang di pakai, biasanya orang-orang tidak begitu peduli terhadap bagian mesin. Mereka berpikir bahwa selama tidak di pakai, maka mesin tetap aman dan bisa dibiarkan begitu saja.

Padahal, mengecek elektrikal dan mesin sangatlah penting untuk dilakukan. Apalagi mobil yang sudah di diamkan selama berbulan-bulan. Pemeriksaan ini meliputi membersihkan ruang mesin, air radiator, kondisi oli dan aki.

3. Rutin Memanaskan Mobil

Ini dia langkah sederhana yang mungkin sudah di ketahui oleh kebanyakan orang. Yaitu rutin memanaskan mobil meskipun jarang di pakai.

Ketika Anda menyalakan mesin mobil dan membiarkannya selama beberapa waktu, maka terjadilah sirkulasi di dalam mesin. Cairan yang ada di dalamnya menjadi tidak menggumpal.

Tidak cukup sampai di situ, memanaskan mesin mobil juga berguna untuk memastikan alternator pengisian aki bekerja optimal. Pada akhirnya, ini membuat komponen kelistrikannya tidak tekor.

4. Mencabut Aki

Tips merawat mobil jarang dipakai selanjutnya adalah melepaskan sambungan aki ke mobil. Ini bertujuan untuk menghindari korosi sekaligus menjaga komponen listrik bisa bekerja secara optimal.

Ketika Anda ingin menggunakan mobil tersebut, maka bisa memasang kembali sambungan akinya. Hal seperti ini masih jarang di lakukan oleh pemilik mobil.

5. Service Mobil

Meskipun mobil yang Anda miliki tidak di pakai setiap hari, namun jangan sampai melewatkan jadwal service rutin. Karena hanya dengan demikian mobil Anda selalu terjaga performanya.

Selalu bawa mobil Anda ke bengkel resmi secara rutin untuk mendapatkan perawatan. Sehingga, mobil yang jarang di pakai sekalipun tetap memiliki tarikan mantap dan tidak bermasalah jika sewaktu-waktu ingin di pakai perjalanan jauh.

Demikianlah pembahasan mengenai lima tips merawat mobil jarang dipakai yang tidak boleh luput dari perhatian Anda. Dengan demikian, kendaraan tetap berfungsi normal dan tidak mengalami kerusakan serius.

Daripada mobil Anda lama berdiam di garasi, lebih baik menjadikannya sumber penghasilan tambahan. Yaitu merentalkannya di rentalmo.com. Anda bisa menawarkan mobil kepada orang-orang yang membutuhkan kendaraan pribadi.

Tidak susah kok menggunakan Rentalmo, karena cukup mendaftar dan melengkapi data yang di butuhkan. Upload foto kendaraan dan mulai tawarkan mobil buat di rental.

Ratusan pengguna sudah membuktikan sendiri betapa mudahnya menggunakan Rentalmo. Tentu saja platform ini sepenuhnya aman dan gratis di gunakan oleh siapapun. Selamat mencoba.

By Muhamad Ilyas

Saya seorang “digital marketer”, dan digital marketing adalah cara paling bagus untuk mengekspresikan minat seseorang dalam bisnis, teknologi, dan komunikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *