News Rentalmo

5 Tips Rental Mobil Untuk Pemula Yang Harus Dipahami Agar Tidak Salah Pilih

Baru pertama pertama kali sewa mobil untuk liburan atau acara ke luar kota? Yuk, baca beberapa tips rental mobil untuk pemula yang harus Anda pahami agar tidak salah dalam memilih mobil maupun tempat rentalnya!

Ketika rental mobil untuk mudik atau liburan Anda harus memperhatikan beberapa poin penting. Jangan asal sewa kendaraan begitu saja, karena bisa berakhir dengan menyesal. Khususnya bagi Anda yang baru pertama kali merental mobil. Harus hati-hati supaya bisa memilih dengan tepat dan tidak kerepotan sepanjang perjalanan.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, mudik menjadi agenda rutin setiap tahun sekali bagi para perantau. Menengok kembali kampung halaman setelah sekian lama berada di luar kota. Perjalanan tentu lebih nyaman ketika mengendarai mobil ketimbang sepeda motor.

Mengingat harga mobil yang lumayan mahal dan tidak setiap hari butuh, sewa bisa jadi solusi tepat. Simak tips rental mobil untuk pemula di bawah ini.

Tips Rental Mobil Untuk Pemula yang Penting Diperhatikan

tips rental mobil untuk pemula

1. Memilih Jenis Mobil

Anda pasti sudah paham bahwa ada banyak jenis mobil yang beredar di pasaran. Begitupun mobil yang bisa Anda rental untuk pulang ke kampung halaman atau liburan.

Ketika Anda hendak pergi dengan kapasitas penumpang 4 orang atau lebih, maka di sarankan memilih jenis mobil Multi Porpuse Vehicle (MPV), Sport Utility Vehicl (SUV), atau VAN.

Tipe mobil tersebut di pilih karena mampu menampung banyak orang untuk bepergian bersama. Selain itu, bagasi yang luas memungkinkan Anda membawa banyak barang sekaligus.

2. Memastikan Mobil Dalam Kondisi Baik

Setelah menentukan tipe mobil yang hendak di gunakan untuk mudik atau liburan, sekarang Anda perlu mengecek kondisinya. Pastikan mobil tersebut dalam keadaan baik dan aman untuk perjalanan jauh.

Minta izin kepada pihak penyewa untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh. Mulai dari pemeriksaan mesin sampai fungsi fitur-fitur di dalamnya.

Apabila Anda benar-benar awam perihal mobil, maka bisa meminta tolong kepada teman yang paham. Sehingga mereka bisa memberitahu apakah mobil tersebut layak buat di sewa atau tidak.

Setelah pengecekan secara menyeluruh dilakukan, Anda bisa memilihnya untuk diajak bepergian.

3. Memastikan Bengkel Rekanan Tersedia di Kota Tujuan

Tidak kalah penting untuk Anda perhatikan, sebaiknya memilih mobil yang di kota tujuan ada bengkel rekanan. Baik itu bengkel yang bekerjasama dengan pihak penyewa atau dari perusahaan resmi merk mobil tersebut.

Sehingga, sewaktu-waktu terjadi mogok atau hal tidak diinginkan lainnya bisa segera diatasi.

Perhatikan pula rute perjalanan Anda, apakah kota yang dilalui tersedia bengkel rekanan. Jika Anda, maka bisa sedikit tenang karena masih memiliki tujuan untuk membantu mengatasi masalah yang mungkin terjadi.

4. Memesan Jauh Hari

Musim liburan dan mudik adalah dua momen dimana permintaan untuk mobil sewa melambung tinggi. Bukan cuma Anda, orang lain juga membutuhkan mobil rental untuk bepergian ke luar kota.

Oleh karena itu, sangat disarankan supaya Anda memesan mobil jauh-jauh hari. Sehingga tidak kehabisan mobil untuk dirental. Kalaupun tidak dibooking, pasti hanya tersisa mobil dengan pilihan terbatas.

Sebaiknya menyewa maksimal 2 hari sebelum hari keberangkatan. Di waktu ini Anda masih memiliki banyak pilihan untuk kedepannya di sewa.

Jika Anda memesan mobil mepet waktu keberangkatan, maka berisiko besar. Beruntung apabila masih tersedia kendaraan untuk di rental, bagaimana kalau stok habis.

5. Membandingkan Harga

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, dengan memilih jauh-jauh hari berarti Anda memiliki banyak waktu untuk memilih. Selalu bandingkan harga mobil antara satu platform dengan lainnya.

Sesuaikan pula budget sewa yang Anda miliki, selalu prioritaskan kebutuhan daripada keinginan. Tidak harus merental mobil mewah, paling penting adalah sesuai kebutuhan.

Itu tadi adalah lima tips rental mobil untuk pemula yang penting buat diperhatikan. Jika sampai sekarang Anda masih bingung mencari platform sewa mobil, maka jawabannya adalah rentalmo.com.

Platform online yang mempertemukan pemilik mobil dan konsumen. Terdapat berbagai macam pilihan mobil dari jenis berbeda. Harga bersaing dan pastinya aman.