Usaha Rental Kendaraan Bermotor

Memiliki usaha rental kendaraan pribadi merupakan impian bagi banyak orang. Hal itu karena bisnis ini termasuk salah satu yang menggiurkan. Bagaimana tidak dengan usaha ini anda akan mendapatkan banyak hal di dalamnya.

Berbisnis sewa rental ini sendiri menggiurkan lantaran semua orang saat ini pasti membutuhkan yang namanya kendaraan. Meski seperti itu, namun yang namanya usaha sekali lagi selalu ada plus dan minusnya.

Baca Juga: Rentalmo : Meminimalkan Biaya Perjalanan Bisnis Anda

Jadi sebelum memulai bisnis tersebut alangkah baiknya bagi anda untuk mengetahui seperti apa untung dan juga ruginya melakukan aktivitas bisnis pada bidang tersebut.

Kelebihan Usaha Rental Kendaraan Pribadi

Apa saja kelebihan dari sewa rental kendaraan pribadi ini? Simak beberapa kelebihannya berikut ini.

Usaha Rental Kendaraan Pribadi Marketnya yang Luas

Jangan kaget jika usaha rental kendaraan justru memiliki pasar yang luas daripada yang anda pikirkan sebelumnya. Anda berpikir bahwasanya pasar dari rental ini hanya sesempit untuk wisatawan saja? Ternyata justru pasar dari bisnis tersebut memiliki area yang lebih luas lagi daripada yang anda bayangkan.

Sisi inilah yang menyebabkan bisnis dari sewa kendaraan tersebut memiliki profit jika dihubungkan dengan target pasar yang banyak tadi. Dari segi pasar sendiri usaha rental kendaraan ini bisa menarget orang-orang dikalangan perusahaan.

Beberapa perusahaan terkadang membutuhkan yang namanya kendaraan dinas untuk keperluan mereka ke luar kota ataupun hal lain. Di saat kemungkinan kendaraan milik perusahaan ini terpakai semua. Maka, alternatif yang bisa digunakan untuk keperluan dinas bisa meminjam perusahaan sewa. 

Tak hanya untuk perusahaan saja, namun target dari usaha ini sendiri bisa juga datang dari seseorang. Atau bahkan organisasi tertentu yang sedang mengadakan acara.

Tidak Butuh Modal Besar

Saat anda mendengar aktivitas bisnis atau usaha, mungkin banyak orang yang berpikir bahwa kegiatan apapun itu namanya. Selalu butuh modal besar. Dalam kasus seperti sekarang, munculah produk bernama mobil tadi untuk di sewakan.

Pastinya sebelum menyewakan anda perlu yang namanya punya mobil terlebih dahulu. Nah dengan estimasi seperti ini, maka semua orang beranggapan bahwasanya jadi pengusaha rental harus ada modal. Bahkan sebuah kewajiban. 

Apalagi bagi anda yang menginginkan daftar kendaraan sewa yang memiliki cukup banyak variasi atau jenis-jenis kendaraan di dalamnya. Akan tetapi nyatanya pemikiran tersebut tidak benar sepenuhnya.

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk anda yang hendak mengawali hidup sebagai pengusaha rental kendaraan. Cara tersebut diantaranya dengan melakukan kerjasama. Maksud dari kerjasama ini adalah, anda bisa berpartner atau bermitra dengan pemilik rental lain.

Dengan sistem tersebut jangan hanya memikirkan keuntungan untuk diri pribadi saja. Namun perhatikan juga sisi benefit untuk mitra yang berpartner dengan anda. Hal ini tentunya akan menjadi poin plus diri anda di mata rekan bisnis dalam usaha ini.

Profit yang Tidak Sedikit

Sebuah bisnis tentunya tidak akan bisa terlepas dari yang namanya profit atau keuntungan. Pun demikian dengan usaha rental kendaraan ini. Ada banyak sekali potensi profit yang besar dari bisnis meminjamkan sewa kendaraan ini kepada orang-orang di sekitar anda.

Bila anda atau bahkan bersama dengan mitra memiliki varian mobil yang cukup. Maka ini jadi potensi profit yang tidak sedikit. Dalam satu bulan saja, bisnis ini akan menghasilkan jutaan rupiah.

Apalagi bila anda menambahkan strategi marketing dan punya prospek yang banyak. Akan banyak sekali keuntungan yang anda dan mitra dapatkan nantinya.

Pengelolaan Bisnis Relatif Gampang

Benefit lain dari usaha sewa ini sendiri adalah mengelolanya yang cukup gampang. Kegiatan usaha ini sendiri bisa dilakukan secara mandiri atau bahkan dapat bermitra dengan rekan yang anda percayai. 

Meskipun pengelolaan bisnis ini relatif mudah akan tetapi dalam menjalankan usaha tersebut selalu menggunakan prinsip kehati-hatian. Khawatirnya dalam perjalanan usaha ini ada faktor-faktor yang tidak anda inginkan.

Seperti penipuan yang calon konsumen atau bahkan mitra anda lakukan. Tentunya hal ini akan membuat bisnis menjadi tidak lancar dan membuat tujuan bisnis terganggu. 

Saat anda menyewakan mobil terhadap konsumen. Sebisa mungkin mengecek terlebih dahulu dokumen-dokumen penting sebelum menyewakan kendaraan baik mobil ataupun motor. 

Kegiatan pengecekan semacam ini menjadi hal yang harus dilakukan setiap kali ada yang hendak menyewa kendaraan anda. 

Kekurangan Usaha Rental Kendaraan

Semua usaha jenis apapun tentunya tidak hanya memiliki keuntungan saja namun ada juga hal sebaliknya. Beberapa kerugian dari bisnis rental kendaraan ini akan muncul dalam penjelasan berikut. 

Kendaraan Rentan Rusak

Dalam usaha sewa kendaraan ini faktor kendaraan yang rentan mengalami rusak menjadi sesuatu yang sering pengusaha hadapi. Ada banyak faktor yang menyebabkan kejadian tragis tersebut menimpa kendaraan milik anda. 

Ada beberapa kasus berupa kecelakaan saat lalu lintas atau bahkan adanya kelalaian dari pengemudi yang membawa mobil ataupun motor sewa tadi. Pemilik rental pastinya tidak ingin mengalami nasib seperti ini.

Karenanya untuk menghadapi situasi yang tentu tidak anda inginkan seperti ini lebih baik menyiapkan yang namanya asuransi. Dengan hal tersebut bila kedepannya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Maka, pemilik sewa bisa mengklaim segala macam kerusakan yang mereka alami. 

Kendaraan Gampang Kotor

Hal lain yang mungkin dan akan sering terjadi serta menimpa pemilik sewa kendaraan adalah mobil atau motor mereka kembali dalam keadaan kotor. Bagi beberapa orang mungkin terlihat sepele untuk masalah kebersihan ini.

Akan tetapi untuk anda para penyewa kendaraan pastinya ingin memberikan servis terbaik bagi semua penyewa yang datang ke tempat anda. 

Kendaraan Rentan Kena Curi

Untuk faktor ini sendiri mungkin jadi sesuatu yang sulit untuk dicegah. Semua pemeriksaan pastinya telah memfilter para calon konsumennya dengan sangat teliti. Akan tetapi jika anda bertemu dengan para penipu yang baik pastinya kejadian seperti ini akan membuat anda kecewa.

Untuk mengantisipasi hal itu lebih baik pasang alat pelacak di setiap mobil sewa anda. Hal ini berguna untuk jadi bukti jika anda bawa ke pihak berwajib. Tambahkan pula asuransi kepada semua unit mobil agar terantisipasi dari kegiatan kriminal tersebut.

Calon Konsumen Enggan Membayar

Dalam beberapa kesempatan mungkin anda akan menemukan calon pelanggan yang tidak mau membayar di akhir sewa. 

Jika menghadapi hal-hal seperti demikian alangkah baiknya untuk meminta semua calon konsumen untuk membayar di muka terlebih dahulu. Ini akan jadi antisipasi yang pas untuk usaha rental mobil anda.

Itulah sedikit gambaran terkait usaha rental kendaraan pribadi bagi anda. Selalu ada kelebihan dan kekurangan dalam bisnis pastinya. Untuk siapapun yang hendak menyewa kendaraan baik motor atau mobil bisa langsung mengunjungi laman kami di rentalmo.com. Ada banyak variasi kendaraan di sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *