silahkan catat begini 5 tips berkendara agar irit bahan bakar

Berkendara bersama keluarga memang terasa menyenangkan khususnya ketika ingin berlibur. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah budget membeli bahan bakar. Jangan sampai membengkak hanya karena salah dalam mengendarai mobil selama perjalanan. Oleh karena itu, Anda perlu menyimak beberapa tips berkendara agar irit bahan bakar seperti di bawah ini.

Bahan bakar penting untuk Anda perhitungkan secara rinci supaya tidak kaget mengenai biaya yang harus di keluarkan. Apalagi sekarang harga BBM cukup mahal, sehingga tidak boleh sembarangan dalam penggunaannya. Ketika Anda membiasakan hemat bahan bakar, maka pengeluaran bisa sedikit ringan.

Ternyata, ada lho tips berkendara agar irit bahan bakar yang sederhana namun terbukti efektif. Kalau begitu, bagaimana kalau langsung saja simak pada pembahasan di bawah ini.

Tips Berkendara Agar Irit Bahan Bakar yang Harus Diketahui

silahkan catat begini 5 tips berkendara agar irit bahan bakar

1. Mengatur Putaran Mesin

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah putaran mesin. Itu tercantum pada speedometer mobil yang umumnya bertuliskan 1-8. Sedangkan khusus mobil sport bisa sampai 15.

Putaran mobil yang terlalu rendah dan tinggi secara konstan membuat konsumsi bahan bakar jauh lebih besar. Agar mobil Anda lebih irit bahan bakar, di sarankan mengatur putaran mesin di angka 2500-3000 rpm. Yaitu dengan menginjak perlahan pedal rem mobil.

2. Mengikuti Batas Kecepatan

Ketika hendak memasuki sebuah jalan biasanya Anda menemukan plang batas kecepatan. Siapa sangka, ternyata itu bermanfaat juga untuk konsumsi bahan bakar mobil yang sedang melaju.

Dengan mematuhi batas kecepatan yang sudah di tentukan, ini membuat konsumsi bahan bakar berlangsung secara efektif. Beda cerita jika Anda terlalu sering menginjak pedal akselerasi dan tiba-tiba mengerem.

Kecepatan tidak konstan seperti inilah yang membuat mobil membutuhkan bahan bakar lebih banyak dari biasanya.

3. Menaikkan Kecepatan Bertahap

Tips berkendara agar irit BBM selanjutnya adalah mengatur gas secara bertahap setiap kali menginginkan akselerasi tertentu. Terlebih lagi ketika berkendara melewati jalan tol.

Salah satu kesalahan banyak orang adalah menginjak pedal gas mendalam dengan cepat sesudah mengurangi kecepatan. Pola berkendara seperti ini membuat mesin bekerja tidak stabil dan membutuhkan lebih banyak BBM agar bisa mencapai akselerasi yang di inginkan.

4. Menjaga Jarak

Hal sederhana seperti menjaga jarak dengan kendaraan lain yang ada di depan ternyata bisa mengurangi konsumsi bahan bakar selama berkendara. Tahukah Anda alasannya?

Nah, jika Anda tidak menjaga jarak dengan mobil lain secara otomatis sering ngerem mendadak dan menekan gas lagi untuk mengembalikan kecepatan seperti semula.

Itulah yang membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Selama berkendara Anda di sarankan untuk menjaga jarak supaya tidak terlalu sering ngerem mendadak dan menekan gas terlalu dalam.

5. Menggunakan Gigi yang Tepat

Faktor berikutnya yang bisa membuat bahan bakar mobil berlebih adalah menggunakan gigi secara sembarangan. Itu berarti Anda salah memindahkan gigi selama berkendara.

Sebagai contoh, Anda menggunakan gigi tinggi secara terus menerus padahal melintasi jalan menanjak. Begitu pula sebaliknya, Anda memindahkan ke gigi rendah padahal posisi jalan lurus.

Oleh karena itu, mulai sekarang biasakan untuk menggunakan gigi secara tepat. Semisal memindah ke gigi 1 atau 2 pada saat melintasi jalanan menanjak.

Demikianlah pembahasan tentang lima tips berkendara agar irit bahan bakar yang sederhana namun efektif. Anda yang ingin menempuh perjalanan jauh, perlu memperhatikan poin-poin di atas supaya bisa meringankan biaya BBM.

Bagi Anda yang ingin liburan namun belum memiliki kendaraan pribadi, maka bisa mencari rentalan di Rentalmo. Platform bertemunya pemilik mobil dan orang yang sedang membutuhkan kendaraan. Transaksi dijamin aman, nyaman dan cepat.

By Muhamad Ilyas

Saya seorang “digital marketer”, dan digital marketing adalah cara paling bagus untuk mengekspresikan minat seseorang dalam bisnis, teknologi, dan komunikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *