1 biaya tambahan sewa mobil bayar uang rupiah

Mobil memang menjadi salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat modern. Namun, Anda tak harus memiliki mobil jika memang kebutuhan tersebut belum mendesak. Sewa mobil dapat menjadi solusi yang membuat Anda tetap hemat karena tak perlu membeli mobil pribadi. Namun, jangan lupa bahwa ada beberapa biaya tambahan sewa mobil yang harus Anda siapkan secara cermat.

Anda tak perlu resah soal urusan biaya sewa mobil yang terlalu mahal beserta biaya tambahan untuk perantara sewa. Sewa mobil di Rentalmo membuat Anda tetap hemat karena bisa berinteraksi langsung dengan pihak rental. Kendati demikian, Anda tetap harus menyiapkan beberapa biaya ekstra berikut ini supaya rencana perjalanan berlangsung lancar:

Uang Deposit

Biaya tambahan sewa mobil pertama yang harus ada sebelum menyewa mobil adalah uang deposit. Sebenarnya biaya ini bukan hanya berlaku bagi sewa mobil, melainkan juga motor. Uang deposit adalah jaminan bagi pihak penyewa untuk mengantisipasi risiko tidak terduga, misalnya penggelapan mobil, kerusakan akibat penyewa yang tidak disertai pertanggungjawaban, dan lainnya. Semakin mahal nilai mobil, biasanya semakin besar pula uang depositnya. Uang tersebut akan kembali kepada penyewa jika proses penyewaan mobil berlangsung lancar.

Biaya Bahan Bakar

2 biaya tambahan sewa mobil isi bensin SPBU bahan bakar
Sumber: Kompas Otomotif

Menyewa mobil bukan sekadar soal biaya sewa semata. Ada biaya tambahan sewa mobil lainnya yang wajib Anda siapkan, yaitu biaya bahan bakar. Pihak rental mobil mewajibkan penyewa untuk mengembalikan mobil dengan jumlah bensin yang sama seperti saat mobil hendak dibawa bepergian. Jadi, jangan lupa menyiapkan biaya bahan bakar yang jumlahnya memadai supaya perjalanan Anda berlangsung lancar.

Uang Tambahan untuk Sopir

Selanjutnya, Anda juga patut menyiapkan biaya tambahan sewa mobil jika memutuskan menyewa beserta sopir. Pada umumnya, pihak rental juga menyediakan sopir bagi Anda yang tak ingin repot mengemudi sendiri. Tentu saja Anda harus menyiapkan biaya tambahan sesuai tarif si sopir. Semakin lama Anda menggunakan jasa sopir (misalnya lebih dari satu hari), maka semakin besar pula biaya tambahan yang patut dibayarkan.

Biaya untuk Menanggung Kerusakan

3 memperbaiki mobil bengkel servis mobil rusak
Sumber: Autofun

Keputusan menyewa mobil membuat Anda wajib siap dengan berbagai risiko yang terjadi, salah satunya yaitu kerusakan mobil. Kitab Undang Undang Hukum Perdata Pasal 1564 menyatakan bahwa penyewa wajib bertanggung jawab atas segala kerusakan pada barang yang disewakan selama waktu sewa, kecuali jika penyewa bisa membuktikan bahwa kerusakan tidak terjadi akibat dirinya.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya menyiapkan biaya tambahan sewa mobil untuk mengantisipasi kerusakan yang terjadi selama berkendara, misalnya bila terjadi kecelakaan lalu lintas. Jangan lupa pula memeriksa mobil secara teliti sebelum menyewanya untuk memastikan bahwa tidak ada satu pun komponen rusak yang berisiko bagi Anda.

Uang Tol dan Uang Parkir

Satu lagi biaya tambahan sewa mobil yang tak boleh luput dari perhatian adalah uang tol dan uang parkir. Meskipun nominalnya kecil, dua jenis biaya ini tetap harus siap agar tidak merepotkan Anda selama perjalanan berlangsung. Jangan lupa mengisi e-money untuk bayar tol dan menyiapkan uang receh untuk parkir. Semakin jauh perjalanan yang Anda tempuh dengan mobil sewaan, maka semakin banyak pula nominal uang tol dan uang parkir yang harus tersedia.

Persiapan biaya sewa mobil memang harus benar-benar matang, khususnya untuk momen tertentu seperti mudik hari raya atau liburan anak sekolah. Niscaya perjalanan Anda dengan mobil sewaan akan berlangsung lancar dan menyenangkan dengan persiapan finansial yang memadai. Tak ada salahnya menabung sejak jauh hari untuk rencana sewa mobil yang akan Anda lakukan beberapa bulan dari sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *