News Rentalmo

Inilah 5 Ide Bisnis di Daerah Wisata Yang Menguntungkan

Ide bisnis di daerah wisata ada banyak macamnya dan terbuka lebar bagi siapapun. Untuk menghasilkan keuntungan dari rumah sebenarnya sama sekali tidak sulit. Terlebih lagi bagi masyarakat Indonesia yang memiliki banyak spot destinasi wisata. Mulai dari daerah pantai, pegunungan, danau sampai wisata hits kekinian yang mulai di kembangkan di mana-mana.

Pariwisata adalah salah satu sektor bisnis yang tidak pernah ada matinya. Setiap orang butuh rekreasi untuk menjernihkan pikiran sesudah satu pekan lamanya berjibaku dengan rutinitas sehari-hari.

Daerah pariwisata semakin ramai ketika musim liburan sudah tiba. Ingin tahu kumpulan ide bisnis di daerah wisata yang menguntungkan? Simak selengkapnya pada artikel berikut.

Berbagai Macam Ide Bisnis di Daerah Wisata Menguntungkan

ide bisnis di daerah wisata

1. Menyewakan Tempat Penginapan

Jika bicara soal pariwisata, tentu tidak bisa lepas dari yang namanya penginapan. Penginapan di butuhkan oleh turis dari luar kota dan berniat tinggal lebih lama di daerah wisata tersebut.

Ada beberapa macam penginapan yang bisa Anda buat. Mulai dari guest house, hostel, motel atau bahkan hotel. Selain target pasar yang luas, sekali transaksi juga bisa menghasilkan keuntungan yang menjanjikan lho.

2. Menjual Kuliner

Jika Anda belum memiliki modal yang cukup untuk membangun sebuah penginapan, maka bisa mencoba bisnis kuliner. Peluang bisnis kuliner di daerah wisata sampai kapanpun selalu besar dan tidak pernah mati.

Sebab, setiap orang yang pergi berlibur pasti membutuhkan makanan dan minuman. Bisnis kuliner ini nantinya bisa di bedakan menjadi dua macam. Yaitu menjual makanan biasa dan kuliner khas.

Makanan biasa yang di maksud bisa berupa mie instan, nasi goreng, ayam bakar, bakso, mie ayam dan lain sebagainya. Sementara itu, makanan khas bisa berupa rawon, pempek, soto Lamongan dan sebagainya.

Harus di akui bahwasannya setiap orang yang tertarik dengan icon wisata di daerah tertentu, pasti juga penasaran dengan kuliner khasnya.

Baca juga: Ini Dia 5 Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil Yang Harus Diketahui Pemula

3. Jasa Tour Guide

Ide bisnis di daerah wisata berikutnya adalah menjadi pemandu atau tour guide. Tidak seperti sebelumnya yang mengharuskan Anda menyiapkan modal uang, namun kali ini cukup dengan pengetahuan seputar destinasi wisata.

Meski terlihat sepele, namun sebenarnya keberadaan tour guide sangat di butuhkan oleh sebagian orang. Mereka yang baru pertama kali berkunjung ke destinasi wisata, tentu belum paham spot dan keunikan apa saja yang ada di sana.

Selain tour guide, Anda bisa sekaligus menawarkan jasa fotografi. Ini tentu merupakan ide yang bagus, mengingat sekarang ini foto sudah menjadi trend pengguna sosmed.

4. Souvenir dan Oleh-Oleh

Selain makanan khas, sebuah tempat wisata juga identik dengan yang namanya oleh-oleh. Hampir setiap turis yang datang tertarik untuk membeli cinderamata dari daerah tersebut.

Kebiasaan itulah yang bisa Anda manfaatkan sebagai sumber penghasilan. Oleh-oleh ini bisa berupa barang seperti kalung, kaos, patung dan lain sebagainya. Atau bisa juga berupa makanan khas.

Baca juga: 5+ Kesalahan Dalam Rental Mobil Yang Harus Dihindari Calon Konsumen

5. Rental Kendaraan (Mobil & Motor)

Teruntuk Anda yang bertempat tinggal di daerah wisata dan memiliki kendaraan, maka jangan sampai melewatkan kesempatan emas untuk merentalkan mobil.

Sama halnya seperti penginapan, beberapa orang sangat membutuhkan transportasi ketika berlibur ke suatu daerah. Anda bisa menawarkannya kepada turis yang datang secara offline atau melalui platform seperti Rentalmo.com.

Website ini mempertemukan para pemilik kendaraan sekaligus orang yang sedang mencari kendaraan buat di rental. Transaksi sepenuhnya di jamin aman, nyaman dan mudah.

Demikianlah pembahasan tentang lima ide bisnis di daerah wisata yang menguntungkan. Anda bisa mencoba salah satunya menurut kemampuan masing-masing.

Apabila jago memasak, bisa deh membuka bisnis kuliner. Sedangkan untuk yang memiliki rumah lebih dari satu bisa menyewakan menjadi penginapan. Semoga bermanfaat untuk membantu Anda menemukan referensi bisnis yang tepat.