benda yang bisa menjadi musuh cat mobil

Cat mobil yang terlihat kusam dan memudar membuat tampilan kendaraan secara keseluruhan menjadi kurang menarik. Sebagai pemilik mobil, Anda perlu menjaga cat mobil agar tetap awet dan kinclong. Salah satu cara yang ampuh merawat mobil yang jarang dipakai adalah menghindari beberapa musuh cat mobil sebagai berikut. Ternyata ada cukup banyak lho, namun kita belum mengetahui sebelumnya.

Cat mobil tidak boleh di biarkan begitu saja karena menjadi penentu tampilan eksterior. Sayangnya, pemilik kendaraan seringkali membiarkan mobil mereka berinteraksi dengan benda-benda yang bisa memudarkan cat mobil.

Sesekali mungkin tidak masalah, namun jika sudah berulangkali tentu menjadi masalah serius. Mulai sekarang, beberapa musuh cat mobil di bawah ini perlu Anda hindari.

Benda – Benda Yang Bisa Menjadi Musuh Cat Mobil

benda yang bisa menjadi musuh cat mobil

1. Sarung Bodi Mobil

Penutup atau sarung bodi mobil memang efektif melindungi kendaraan Anda dari debu dan sengatan matahari. Namun, sarung bodi mobil yang terbuat dari bahan masih tembus air justru menjadi bomerang.

Ketika mobil Anda kehujanan dan masih bisa tembus, maka air terperangkap di bawah sarung tersebut. Hasilnya adalah muncul bercak jamur yang melekat pada permukaan cat setelah penutup di buka.

Sebelum memarkir mobil di bawah hujan, perhatikan dahulu material sarungnya. Apabila ia terbuat dari bahan yang memang tidak tembus air maka boleh saja.

2. Debu

Butiran debu bisa menjadi pemicu baret pada permukaan cat mobil, ketika Anda salah membersihkannya. Kita tidak bisa menghindarkan mobil dari partikel debu, karena hampir di setiap tempat pasti ada.

Namun, dengan cara pembersihan yang tepat maka itu tidak masalah. Untuk mencegah baret pada permukaan cat mobil akibat debu, sebaiknya Anda membersihkan menggunakan air.

Jangan mengelap debu dengan kain kering, karena hanya air yang bisa mengangkat debu tanpa menimbulkan baret.

3. Air

Anda pasti kaget mengetahui fakta bahwa air ternyata bisa menjadi musuh bagi cat mobil. Sebab, selama ini kita mengetahui kegunaan air adalah membersihkan bodi mobil agar terawat dengan baik.

Air menjadi pemicu pembentukan jamur di permukaan cat ketika di biarkan mengering dengan sendirinya. Semisal Anda ingin mencuci mobil, pilihlah tempat yang teduh. Sesudah membilas, segera keringkan permukaan mobil yang basah.

Jika mobil Anda basah selama di perjalanan karena terguyur air hujan, begitu tiba di rumah segera keringkan menggunakan canebo atau sejenisnya.

4. Kotoran Burung

Mobil Anda sebisa mungkin harus di hindarkan dari kotoran burung yang mengandung bahan kimia. Jika kotoran burung di biarkan melekat terlalu lama di permukaan bodi mobil, itu membuatnya sangat susah di bersihkan.

Segera bersihkan kotoran burung di permukaan bodi mobil menggunakan air ketika Anda melihatnya.

5. Sabun

Ketika mencuci mobil kita di sarankan untuk menggunakan sabun supaya bisa bersih secara optimal. Namun, bukan sembarang sabun seperti detergen dan sejenisnya.

Melainkan sabun yang memiliki pH seimbang dan memang di ciptakan untuk membersihkan bodi kendaraan. Semisal Anda mencuci mobil dengan sabun colek, di dalamnya terdapat butiran yang bisa saja membuat baret bodi kendaraan.

6. Minyak Rem

Benda berikutnya yang bisa merusak cat mobil adalah minyak rem. Anda di harapkan ekstra hati-hati ketika menuangkannya, apabila sudah terlanjur mengenai bodi mobil segera bersihkan memakai air hangat.

Itu tadi adalah enam benda yang bisa menjadi musuh cat mobil. Ketika Anda sudah mengetahui dan sebisa mungkin menghindari mobil dari benda tadi, maka cat mobil akan awet dan tetap kinclong untuk waktu yang lama.

Jika cat mobil terjaga dengan baik, otomatis membuatnya terlihat menarik. Mobil yang bagus ini mudah untuk mencari uang tambahan, salah satunya di rentalkan.

Tidak perlu bingung promosi di mana, coba tawarkan mobil Anda di Rentalmo. Platform aman dan terpercaya untuk bisnis rental mobil.

Semua orang bisa menawarkan kendaraan mereka untuk disewakan dan mulai mendapatkan cuan. Caranya mudah, prosesnya simpel dan sudah terjamin dengan aman.

By Muhamad Ilyas

Saya seorang “digital marketer”, dan digital marketing adalah cara paling bagus untuk mengekspresikan minat seseorang dalam bisnis, teknologi, dan komunikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *