tips memulai bisnis rental mobil

Rental mobil semakin di butuhkan oleh masyarakat sebagai akomodasi ketika hendak bepergian jauh. Semisal ingin liburan ke luar kota, menghadiri hajatan saudara beda kota, sampai balik ke kampung halaman bagi mereka yang merantau. Mobil memberikan kenyamanan kepada pengendara karena bebas dari hujan dan panas. Yuk, baca tips memulai bisnis rental mobil untuk pemula berikut.

Di balik kenyamanan yang di tawarkan oleh mobil, masyarakat harus mempersiapkan budget mahal untuk memilikinya. Beberapa orang mungkin tidak masalah membeli mobil sendiri, namun sebagian orang lebih memilih rental. Apalagi kebutuhannya tidak intens dan hanya beberapa momen saja.

Sebelumnya kita sudah membahas alasan memulai usaha rental mobil, dan sekarang anda juga harus mengetahui beberapa tips memulai bisnis rental mobil untuk pemula perlu di pahami agar semakin berhasil.

Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Untuk Pemula

tips memulai bisnis rental mobil

1. Memilih Tipe Mobil

Jenis mobil yang di sewakan adalah penentu dari kesuksesan bisnis rental Anda kedepannya. Sebagai pemilik rental, Anda harus menyediakan tipe mobil yang di sukai masyarakat. Sehingga mudah menarik konsumen.

Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) adalah tipe yang menjadi favorit banyak orang. Contohnya seperti Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Kedua mobil ini di pilih karena irit bahan bakar dan mampu membawa banyak penumpang sekaligus.

Harga minibus atau mobil MPV di pasaran sekarang ini masih cukup terjangkau. Biaya perawatannya juga tidak mahal kok. Karakteristik seperti itu pastinya menguntungkan pemilik usaha.

2. Membeli Mobil Baru

Ketika memulai usaha rental mobil, sangat di sarankan membeli baru daripada yang bekas. Sebab, mobil bekas memiliki performa yang jauh dari mobil baru. Ini di lakukan untuk menghindari bolak-balik ke bengkel.

Kita tidak bisa menjamin bahwasannya sparepart pada mobil bekas masih bagus. Jika banyak yang harus segera di ganti, tentu menambah biaya perawatannya. Seperti yang kita tahu, biaya perawatan mobil cukup mahal.

Yang awalnya ingin memangkas modal, biaya perawatan justru membuat biaya operasional membengkak. Lebih baik Anda langsung ke dealer mobil dan membeli unit.

3. Regulasi Rental Mobil

Tips memulai bisnis rental mobil untuk pemula selanjutnya adalah menetapkan peraturan bagi pelanggan. Peraturan atau regulasi ini harus di tetapkan secara tegas agar tidak terjadi penggelapan mobil sewaan.

Beberapa ragulasi yang sebaiknya di hadirkan seperti:

  • Membuat surat kesepakatan yang di bubuhi materai.
  • Meminta jaminan KTP kepada penyewa.
  • Penyewa harus mengisi formulir yang berisikan kontak dan data diri.
  • Memasang alat pendeteksi agar mobil bisa dipantau dari jarak jauh.

4. Mendaftar Asuransi

Agar bisnis rental mobil Anda mendapatkan perlindungan berlapis dari berbagai macam risiko, maka penting mendaftar asuransi. Perusahaan asuransi memberi perlindungan ketika terjadi kehilangan, kecelakaan dan kerusakan unit.

Dengan mendaftarkan mobil ke asuransi, pemilik bisa lebih tenang karena ada yang melindungi sewaktu-waktu terjadi hal tidak di inginkan. Begitu pula ketika rental mobil Anda juga menyediakan jasa sopir. Daftarkan karyawan tersebut ke perusahaan asuransi.

5. Strategi Promosi yang Efektif

Setalah semua persiapan dasar selesai, sekarang Anda perlu memikirkan strategi marketing. Dalam merancang strategi, Anda harus mengetahui siapa target market, yang mana lokasi mendirikan usaha, harga sewa mobil, denda dan cara promosi.

Promosi menjadi penentu apakah bisnis Anda mampu berkembang dan bersaing dengan layanan lain atau tidak. Promosi yang tepat akan memudahkan rental mobil Anda di kenal oleh masyarakat luas.

Bicara soal promosi, Anda bisa memanfaatkan platform online seperti rentalmo.com. Di sana merupakan tempat bagi pemilik rental untuk mempromosikan usahanya, sekaligus tempat calon konsumen mendapatkan mobil sewaan.

Semua fitur bisa di akses langsung lewat smartphone dan PC. Navigasi menu yang ramah pengguna memungkinkan siapapun melakukan promosi dengan mudah. Transaksi antara pemilik rental dan konsumen semakin melonjak beberapa tahun belakang.

Sehingga, sayang sekali apabila Anda tidak memanfaatkannya untuk menjangkau konsumen lebih luas lagi. Jangan lupa memanfaatkan sosial media, website dan brosur sebagai pelengkap marketing bisnis rental Anda.

Itu tadi adalah lima tips memulai bisnis rental mobil untuk pemula yang harus di pahami dengan baik. Sehingga, usaha Anda bisa berjalan lancar dan menghindari kesalahan-kesalahan tidak perlu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *