tips mencegah mabuk perjalanan yang efektif

Mabuk saat naik mobil adalah permasalahan umum bagi kebanyakan orang. Meskipun sering di anggap sebagai sesuatu yang sepele, namun sebenarnya sangat mengganggu. Setelah tiba di tempat tujuan, badan menjadi tidak karuan rasanya. Inilah alasan mengapa penting mengetahui beberapa tips mencegah mabuk perjalanan berikut.

Motion sickness atau mabuk perjalanan bisa di alami oleh setiap orang. Mulai dari anak kecil, remaja, sampai dewasa sekalipun. Khususnya bagi mereka yang hendak melakukan perjalanan jauh.

Mabuk perjalanan di tandai dengan rasa lemas, gelisah, keringat dingin, pusing dan muntah. Tentu saja kondisi seperti ini sangat menganggu kenyamanan Anda.

Yuk, simak bersama-sama tips mencegah mabuk perjalanan di bawah ini.

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan yang Efektif

tips mencegah mabuk perjalanan yang efektif

1. Tidak Makan Berlebihan

Makan adalah syarat utama bagi setiap pengendara yang hendak bepergian jauh. Sama seperti mobil, tubuh Anda membutuhkan makanan supaya kuat untuk berkendara selama berjam-jam.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda boleh makan berlebihan. Hal ini justru membuat rasa mual lebih cepat muncul sepanjang perjalanan. Apalagi ketika melalui jalanan berlubang dan banyak goncangan.

Karena perut yang terlalu banyak isinya mudah sekali mabuk perjalanan, sehingga Anda tidak boleh makan berlebihan. Apapun memiliki efek yang baik ketika di lakukan secukupnya.

2. Memilih Posisi Duduk

Untuk mencegah mabuk perjalanan bisa di mulai dengan memilih posisi duduk yang tepat. Ketika Anda menggunakan mobil pribadi, maka di sarankan memilih tempat duduk bagian depan. Sebab, posisi ini minim dari guncangan.

Hindari pula duduk berlawanan arah dengan laju kendaraan. Membelakangi kendaraan berakibat pada rasa mual yang semakin meningkat.

Jangan lupa duduk dengan nyaman dan santai. Ciptakan sendiri suasana dimana Anda bisa rileks sekaligus menikmati perjalanan.

Risiko mabuk perjalanan bisa semakin besar apabila tempat duduk minim ruang gerak atau terlalu sempit.

Baca juga: Rentalmo: Aplikasi Sewa Mobil Online Terpercaya di Indonesia

3. Tidur Cukup

Sebelum pergi mudik atau berlibur, Anda harus mengistirahatkan tubuh semaksimal mungkin. Hindari begadang malam yang membuat jam tidur Anda kurang dan berantakan.

Jika tubuh mendapatkan jam tidur yang cukup, maka ketika perjalanan berlangsung kondisi tubuh fresh dan bugar. Perlu Anda ketahui, terlalu banyak tidur di mobil membuat pusing dan rasa mual semakin meningkat.

4. Beristirahat

Perjalanan jauh umumnya membutuhkan waktu selama berhari-hari. Jangan hanya terpaku pada tempat tujuan, namun Anda harus memperhatikan juga selama perjalanan berlangsung.

Sebaiknya beristirahat selama 2-3 jam sekali untuk keluar dari kendaraan dan menghirup udara segar. Istirahat di butuhkan agar kondisi tubuh Anda tidak kelelahan dan tetap fresh.

Selain keluar dari kendaraan, cobalah mematikan AC dan menggantinya dengan membuka jendela. Biarkan angin sepoi-sepoi dan cahaya matahari masuk ke dalam mobil.

Baca juga: Sudah Tahu Belum 5 Tips Merawat Mobil Jarang Dipakai? Yuk, Simak!

5. Mengkonsumsi Jahe

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai lima tips mencegah mabuk perjalanan yang ampuh dan efektif. Jika suatu saat Anda berencana melakukan perjalanan jauh, maka bisa mempraktekkan beberapa poin penting di atas.

Selain itu, jangan lupa memilih kendaraan yang tepat sebagai akomodasi Anda dan keluarga. Tidak perlu cemas, di rentalmo.com Anda bisa memilih berbagai macam model dan tipe kendaraan sesuai kebutuhan.

Sudah ratusan transaksi pengguna yang di lakukan, sehingga sudah pasti terbukti aman dan terpercaya. Buktikan sendiri kemudahan, keamanan dan ongkos rental mobil yang ramah di kantong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *