jenis-jenis perawatan bulanan mobil

Berkendara dengan mobil terasa lebih aman dan nyaman ketika mesin di rawat secara rutin. Sebagai pemilik kendaraan, Anda tidak boleh hanya sekedar memakainya untuk perjalanan sehari-hari. Melainkan harus merawat dengan sebaik mungkin supaya performanya tetap optimal. Nah, sudah tahu belum jenis jenis perawatan bulanan mobil yang sebaiknya di lakukan? Kalau masih bingung, simak uraian di bawah sampai habis.

Merawat mobil secara berkala memberikan banyak sekali keuntungan kepada para pemilik. Mulai dari performa mesin yang tetap terjaga, sampai menghindari biaya terlalu mahal karena kerusakan parah.

Mesin yang terawat tentu saja tidak akan cepat rusak. Penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja jenis-jenis perawatan bulanan mobil yang seharusnya di perhatikan.

Jenis-Jenis Perawatan Bulanan Mobil yang Wajib Diperhatikan

jenis-jenis perawatan bulanan mobil

1. Mengganti Oli

Oli adalah komponen yang memiliki dampak besar bagi keawetan mesin mobil, namun seringkali di sepelekan oleh orang-orang. Khususnya mereka yang masih awam dan tidak begitu paham perihal mesin. Padahal, oli berguna untuk melumasi mesin supaya tidak cepat aus.

Setiap jenis mobil memiliki merk oli pilihan yang berbeda-beda, sehingga Anda bisa menanyakan kepada bengkel mana yang sekiranya terbaik buat di pilih. Idealnya adalah mengganti oli setiap jarak tempuh 5.000-10.000 km. Atau bisa di lakukan setiap 2-3 bulan sekali.

Fungsi utama oli adalah menahan gesekan antar mesin agar tetap halus dan menjaga suhu mesin agar tetap stabil. Dengan oli yang rutin di ganti, mobil Anda tidak akan mudah panas.

Jika Anda membiarkan oli terlalu lama tanpa di ganti, ini membuatnya mengandung partikel kasar dan kotoran. Kedua kandungan tadi bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin mobil yang rata-rata terbuat dari bahan metal.

Baca juga: Biaya Bisnis Rental Mobil dan Perhitungan Keuntungannya

2. Mengganti Filter Oli

Jika melihat struktur komponen mesin, oli yang akan melumasi mesin tidak langsung masuk begitu saja. Melainkan perlu di saring terlebih dahulu oleh sebuah komponen khusus yang di sebut filter.

Filter tersebut berguna untuk menyaring kotoran-kotoran yang mungkin ada supaya tidak masuk ke komponen mesin. Agar berfungsi secara optimal, filter perlu di ganti setiap beberapa bulan sekali.

Jika Anda tidak mengganti, maka filter lambat laun akan tertutup oleh kotoran oli. Anda bisa membersihkannya ketika di rasa sudah terlalu kotor atau bahkan mengganti.

3. Mengganti Cairan Mesin Lain

Oli bukanlah satu-satunya cairan yang menjadi penentu performa mesin mobil apakah tetap halus atau kasar. Melainkan masih ada beberapa cairan lain yang perlu di cek secara rutin setiap 2 Minggu sampai 1 bulan sekali.

Cairan yang di maksud antara lain air wiper, minyak rem, air aki (jika menggunakan aki basah), oli gardan, minyak power steering dan oli transmisi mobil otomatis.

Baca juga: 5+ Tips Memilih Asuransi Kendaraan Yang Tepat dan Benar

4. Membuang Kerak Mesin

Mobil yang sudah berusia tua biasanya memiliki tumpukan keran yang mengendap di beberapa komponen mesin. Salah satu penyebab paling umum adalah tangki bensin yang jarang di isi sampai penuh.
Membersihkan kerak pada mesin mobil sama sekali tidak susah. Anda hanya perlu menghidupkan mobil, posisikan netral dan gas lebih dalam. Secara perlahan, kerak yang ada akan segera berguguran lewat knalpot.

5. Tune Up Mesin

Tune up mesin adalah metode yang biasa di pakai oleh pemilik kendaraan untuk meningkatkan performa mesin ketika di rasa sudah menurun. Agar kembali kuat seperti sedia kala, mesin mobil perlu di tune up.

Tune up mobil umumnya di lakukan setiap 5.000 kilometer atau 3 bulan sekali. Anda bisa meminta tune up mesin berbarengan dengan service rutin.

Baca juga: 5+ Kesalahan Dalam Rental Mobil Yang Harus Dihindari Calon Konsumen

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai lima jenis perawatan bulanan mobil yang harus Anda perhatikan sebaik mungkin. Dengan perawatan secara rutin dan konsisten, mesin mobil Anda tentu saja lebih awet untuk penggunaannya dan tidak cepat rewel.

Jika Anda merasa mobil masih layak pakai dan banyak menganggur di garasi rumah, lebih baik mulai membuat penawaran di rentalmo.com. Rentalmo adalah sebuah platform yang mempertemukan pemilik mobil dengan konsumen yang sedang butuh mobil buat di rental.

Temukan pelanggan di sekitar dengan mudah dan cepat, karena basis pengguna platform yang luas dari berbagai daerah di Indonesia. Transaksi Anda dan konsumen di jamin aman, nyaman dan bebas dari penipuan dalam bentuk apapun. Hasil rental mobil lumayan buat tambah-tambah biaya perawatan.

By Muhamad Ilyas

Saya seorang “digital marketer”, dan digital marketing adalah cara paling bagus untuk mengekspresikan minat seseorang dalam bisnis, teknologi, dan komunikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d